CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON

Blog tips dan trik cara mudah kali ini akan berbagi masalah yang kemaaren saya hadapi setelah install linux mint versi 18 cinnamon, karena saya kebiasaan selalu menutup laptop tanpa mencari menu shutdown di start menu untuk mematikan laptop, dan masalahnya saya browsing dan membaca berbagai sumber di versi 17 sampai versi sekarang untuk linux mint sudah tidak ada pilihan shutdown saat laptop di tutup.

Saat ini saya menggunakan linux mint versi 18 cinnamon, alasan saya menggunakan linux karena saya ingin yang gratis, iya gratis alasan utama, alasan kedua karena linux mint dari tampilan keren dan tidak beda jauh dari windows, jadi bagi saya yang baru sebagai user linux sangat nyaman memakai linux mint tanpa ada masalah, tapi masalah muncul kaetika saya update linux mint versi 18 sebelumnya saya menggunakan versi 16 kalau tidak salah ingat hehe, masalahnya di linux mint versi terbaru ini tidak ada pilihan shutdown di menu When The Lid Is Close.

Karena rasa penasaran saya browsing dan ternyata memang untuk linux mint versi terbaru tidak menampilkan menu shutdown di menu When The Lid Is Close, yang tersedia cuma, Hibernate, suspend dan do nothing.

Saya pikir bisa menambahkan sendiri menu shutdown di menu When The Lid Is Close, dan saya cari caranya agar saya bisa lebih cepat untuk mematikan laptop tanpa mencari menu shutdown yaitu hanya dengan menutup laptop, laptop akan shutdown otomatis. Dimana sih letak menu When The Lid Is Close?

juragan bisa ke MENU START -> PREFERENCES -> SYSTEM SETTINGS -> HARDWARE -> POWER MANAGEMENT
CARA MENAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON

CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON


Sudah ketemukan menu When The Lid Is Close?

Oh iya saya juga sudah membuat video CARA MENAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON jika masih ada yang bingung dengan tulisan saya ini, video saya sematkan di bawah tulisan ini ya.

Bagaimana caranya menambahkan menu shutdown di when the lid is close pada linux mint versi terbaru?

Caranya cukup mudah juragan hanya install dconf editor, bagaimana cara installnya?

buka terminal di linux mint juragan, ketikan sudo apt-get install dconf-tools lalu enter.
masukan password yang dibuat saat install linux mint juragan, dan tunggu sampai selesai.
jika ada pertanyaan saat install dconf editor, do you want to continue? [Y/n] juragan tinggal Y atau y .

Proses ini tergantung berapa kecepatan koneksi internet juragan, jika cepat akan lebih baik, tapi jika lama mungkin koneksi juragan tidak stabil.

CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON


Jika juragan sudah selesai install dconf editor juragan hanya perlu membuka dconf editor tersebut untuk menambahkan menu shutdown di menu WHEN THE LID IS CLOSE pada linux mint terbaru juragan.

ada 2 cara yang bisa juragan pakai

  1. buka terminal ketik dconf-editor lalu enter
  2. buka di menu start -> administration -> dconf Editor

Saya akan menggunakan cara kedua ya, karena saya memang tidak mengerti console terminal linux, karena sebagai user linux baru, saya lebih suka menggunakan cara kedua hehe, lanjut gan...


  1. seperti yang saya tulis di atas langkah pertama kita ke menu start, yaitu letaknya di bawah pojok sebelah kiri
  2. setelah juragan menemukan menu start, selanjutnya kita cari administration
  3. Setelah juragan menemukan administration, cari dconf editor
CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON

Setelah juragan menemukan dconf editor, sekarang juragan mencari bagaimana cara menambahkan shutdown di menu WHEN THE LID IS CLOSE pada linux mint terbaru.

CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON

Bagaimana menambahkan menu shutdown pada WHEN THE LID IS CLOSE pada linux mint terbaru?

CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON


  1. kalau juragan sudah membuka aplikasi dconf editor
  2. ke menu ORG klik tanda panahnya, akan muncul menu dropdown
  3. ke menu cinnamon, klik tanda panahnya akan muncul menu dropdown
  4. ke menu SETTING DAEMON, klik tanda panahnya akan muncul menu dropdown
  5. ke menu PLUGINS, klik tanda panahnya akan muncul menu dropdown
  6. ke menu POWER, klik menunya
  7. liat gambar di bawah pada yang saya kotakin merah silahkan ganti dengan shutdown dengan cara double klik, agar saat juragan menutup laptop, laptop akan mati secara otomatis.
CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON

Setelah juragan berhasil mengganti menu pada lid close ac action dan lid close baterry action menjadi shutdown, sekarang juragan tinggal cek apakah sudah berhasil? jika pada menu WHEN THE LID IS CLOSE menjadi blank berarti juragan sudah berhasil menambahkan menu shutdown, karena menu shutdown tidak support untuk versi linux mint terbaru, makanya jadi blank tapi jangan khawatir actionnya shutdownnya bekerja kok saat juragan menutup laptop pasti mati otomatis, kalau belum yakin silahkan tutup laptop juragan.

Mudah bukan menambahkan menu shutdown pada WHEN THE LID IS CLOSE linux mint versi terbaru?

Berikut tutorial berupa video dari youtube:




Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
CARA TAMBAH MENU SHUTDOWN DI WHEN THE LID IS CLOSE LINUX MINT VERSI 17 / 18 CINNAMON Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin